FAMOUS.ID - Berbeda dengan zaman sekolah, yang namanya kuliah itu memerlukan usaha ekstra untuk beradaptasi. Biasanya pas SMA rata-rata teman kita adalah teman lama yang berasal dari SMP yang sama sebelumnya. Tapi kalau pas kuliah, karena setiap orang punya mimpi masing-masing yang mungkin jauh berbeda, kebanyakan pertemanan akan bertemu dengan yang namanya perpisahan tempat menuntut ilmu untuk mengejar mimpi. Ada yang kuliah di luar kota atau bahkan luar negeri. Nah, otomatis kita harus berusaha lebih untuk beradaptasi dengan lingkungan baru untuk berteman dengan banyak orang. Nah berikut ini ada tipsnya nih supaya kamu cepat dapet teman baru di kehidupan perkuliahan. Let’s check this out!

Ospek Waktunya Perkenalan

Masa Ospek alias orientasi studi dan pengenalan kampus adalah cara pertama kamu buat kenalan sama teman satu fakultas atau jurusan karena biasanya OSPEK itu dibedakan berdasarkan fakultas dan jurusannya. Jadi kamu jangan jadi orang yang diem aja sendirian di pojokan. Manfaatkan hari-hari orientasi itu untuk kenalan dengan sebanyak-banyaknya orang, karena selama sekitar satu minggu ini kamu masih digabung dengan mahasiswa yang beda jurusannya jadi ini kesempatan kamu untuk punya temen di luar jurusan kamu. Nggak ada ruginya kok punya teman banyak, iya nggak?

Jadi Leader

Kalau pas Ospek kan biasanya mahasiswa dibagi-bagi jadi beberapa kelompok dan harus memilih ketuanya masing-masing. Ini kesempatan yang bagus nih untuk bisa lebih cepat dapet temen, coba deh ajukan diri untuk jadi ketua. Dengan menjadi ketua tentunya kamu harus mengenal lebih jauh anggota-anggota kelompokmu. Gimana caranya lebih kenal? Tentunya dengan lebih aktif tanya-tanya dan ngobrol. Nah kalau kamu udah coba jalani ini, biasanya kamu akan lebih mudah untuk dapetin teman baru di dunia perkuliahan nanti.

Ikut Organisasi

Ini penting banget untuk memperluas ruang lingkup pertemanan kamu sebagai mahasiswa baru. Kamu bisa ikutan organisasi di lingkup jurusan, fakultas atau bahkan universitas. Untuk kamu yang suka politik, bisa nih ikutan organisasi politik kampus kayak Himpunan Mahasiswa tingkat jurusan, fakultas ataupun universitas. Tapi nggak harus organisasi politik kok, buat kamu yang nggak punya passion di politik, kamu bisa ikut Unit Kegiatan Mahasiswa a.k.a UKM yang sesuai dengan minat kamu. Misalnya buat kamu yang bisa nyanyi dan suka musik, kamu bisa ikutan UKM musik atau paduan suara. Buat kamu yang sukanya olahraga bisa banget ikutan UKM olahraga. Dan masih banyak lagi pilihan UKM yang biasanya tersedia di hampir semua kampus. Jadi, nggak ada alasan buat jadi “kupu-kupu” alias kuliah pulang-kuliah pulang. Coba deh jadi “kura-kura” alias kuliah rapat-kuliah rapat supaya kamu punya pertemanan yang luas. Dan kamu harus tahu, keikutsertaan kamu di organisasi akan berguna banget di kehidupan profesional kerja. Kalau kamu aktif dalam organisasi, biasanya kamu akan lebih mudah dapet kerja nantinya.

Jangan sekali-kali kamu jadi orang sombong nanti pasti kamu susah dapet teman lho. Kalau kamu jadi orang yang ramah dan supel, dijamin deh gampang banget buat dapet teman. Tapi jangan berlebihan juga ya ramahnya, nanti kamu malah dibilang SKSD lagi, alias sok kenal sok deket. Simak nih tipe-tipe kenalan dikampus yang bisa kamu praktekkan, divideo dari SkinnyIndonesian24 berikut ini! (non)

REAKSI KAMU

EPIC
0
PECAH
1
SO SWEET
0
NICE TRY
0
HIKS
0
`