FAMOUS.ID - Saat si kecil memasuki masa sekolah adalah masa yang cukup menyenangkan sekaligus menegangkan. Di satu sisi, sang Ibu pasti senang melihat si kecil akhirnya sekolah. Namun, di sisi lain Ibu jadi khawatir apa dia mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Ibu perlu melakukan beberapa hal ini saat menghadapi anak pertama masuk sekolah. Berikut tipsnya!

1. Jangan terburu-buru di pagi hari

Pagi hari menjadi waktu yang nggak disenangi si kecil, apalagi kalau semuanya disiapkan dengan terburu-buru. Terburu-buru juga bisa membuat si kecil merasa dipaksa dan berisiko membuat dia rewel. Sejak malam hari, Ibu perlu mengatur waktu yang pas mulai dari si kecil bangun hingga perjalanan menuju ke sekolah. Ibu juga perlu mengantisipasi kalau si kecil rewel dan jadi terlambat datang ke sekolah.

2. Datang lebih awal

Dengan cara ini, si kecil akan memiliki rasa nyaman terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran. Ia juga bisa bertemu dengan guru terlebih dahulu. Dengan begitu, si kecil akan merasa aman karena sudah diingat oleh guru.

3. Bawa barang kesayangan

Hal ini dapat dilakukan kalau sekolahnya memperbolehkan membawa barang lain selain alat tulis. Bawa mainan kesayangan atau benda yang membuatnya nyaman saat di rumah. Ketika ketemu dengan teman baru, si kecil akan melepaskan benda-benda tersebut. Barang kesayangan dipercaya bisa memberi ketenangan untuknya.

4. Mama harus tetap tersenyum

Kecemasan pasti akan selalu ada. Tapi, jangan menunjukkan hal tersebut pada si kecil. Jangan sampai dia merasakan bahwa Ibu juga takut di hari pertama sekolahnya. Kalau Ibu terlihat senang, dia akan jauh lebih percaya diri.

5. Memantaunya tapi jangan berlebihan

Beberapa sekolah masih memperbolehkan orangtua mengawasi di dalam kelas saat hari-hari pertama si kecil masuk sekolah. Ibu hanya perlu melihatnya dari kejauhan. Biarkan dia mengeksplorasi sendiri apa yang ditemukan. Dia perlu mencoba mengatasi ketakutannya sendiri. Setelah berhasil, si kecil akan percaya diri.

Hari pertama sekolah memang jadi momen penting bagi si kecil dan pasti akan membuat Ibu cemas. Tapi nggak perlu khwatir, lakukan tips diatas maka hari pertama sekolah si kecil jadi menyenangkan. Yuk simak kehebohan si kecil masuk sekolah divideo dari Raffaran Queen di halaman ini! (non)

REAKSI KAMU

EPIC
0
PECAH
2
SO SWEET
4
NICE TRY
0
HIKS
0
`