FAMOUS.ID- Salah satu daya tarik dari internet adalah adanya sosial media dan fasilitas chating seperti facebook, twitter, instagram dan lain-lainnya. Fitur komunikasi instan yang mudah didalamnya membuat internet menjadi salah satu tempat untuk mencari kenalan baru bahkan mencari pacar, foto-foto menarik, deskripsi profil yang memikat membuat berkenalan di internet semakin mengasikan. Tapi dibalik mengasikannya, berkenalan di internet mempunyai resiko negatif yang sangat besar, bisa saja berakhir dengan tindakan kriminal seperti perampokan, pemerkosaan atau bahkan pembunuhan. Walaupun sudah banyak contoh negatifnya, berkenalan di sosial media masih jadi hal yang digemari masyarakat terutama anak muda, nah supaya nggak sampai terjadi hal-hal yang nggak diinginkan, yuk simak tips berkenalan disosial media berikut ini!

1. Nama sebenarnya

Pastikan nama yang digunakan oleh kenalan baru kita adalah nama sebenarnya, caranya pastikan nama yang digunakan oleh kenalan kita bukan nama yang aneh aneh atau anak muda jaman sekarang bilang nama alay. Cara lainnya kamu juga bisa mengecek keaslianya melalui google.

2. Profil yang lengkap

Profil yang lengkap pada kenalan kita akan membuat kita setidaknya merasa cukup mengetahui bagaimana kenalan baru kita. Bisa melalui biodata yang jelas atau postingan dari kegiatan sehari-harinya di sosial media.

3. Komentar teman-teman nya

Jangan sekali-kali berkenalan atau menerima perkenalan dengan seorang yang sangat sedikit atau bahkan tidak mempunyai komentar dari teman-teman nya, ditakutkan orang tersebut menggunakan akun palsu, sosial media merupakan tempat berkomunikasi di internet jadi jika menemukan akun social media yang sangat sedikit atau malah nggak ada komentar dari teman-teman nya, kemungkinan besar itu adalah palsu.

4. Ajak bertemu kalau dia mau, jangan bertemu sendiri atau ditempat sepi

Kalau memang dia adalah akun asli saat kamu ajak bertemu pasti dia nggak akan menolak. Beda dengan akun palsu yang akan memberi kamu seribu alasan supaya nggak bertemu. Tapi jika dia mau diajak bertemu, hindari bertemu dengan kenalan baru sendirian, pastikan ajak teman dan beritahu keluarga, tempat bertemunya pun harus ditempat ramai atau ajak saja kerumah agar keluarga tahu.

Nah itulah beberapa tips aman berkenalan dengan orang asing lewat internet. Dizaman yang canggih seperti ini orang bisa dengan mudah memalsukan data diri dimedia sosial. Salah satu korbannya adalah Bayu Skak. Ia ditipu oleh seseorang yang memalsukan identitas dengan akun palsu. Walaupun nggak ada kerugian materil, tapi ia jadi lebih waspada saat berkenalan dengan orang asing di internet. Yuk simak kisah selengkapnya dari Bayu Skak divideo yang ada di halaman ini Famous People!(non)

REAKSI KAMU

EPIC
0
PECAH
3
SO SWEET
0
NICE TRY
0
HIKS
0
`