FAMOUS.ID - Beberapa hari ini dunia maya Indonesia dihebohkan oleh ditangkapnya seorang hacker muda bernama Sultan Haikal. Pemuda 19 tahun ini menjadi sangat terkenal karena pengalamannya yang sudah pernah membobol ribuan situs, aksinya mulai terbongkar saat membobol salah satu situs e-tiket terbesar di Indonesia. Sultan Haikal ditangkap pada tanggal 30 Maret di rumah orangtuanya di Tangerang Selatan, Banten, dengan tuduhan telah membobol situs-situs penting. Jika terbukti bersalah di pengadilan, hacker ganteng ini bisa dikenakan pasal undang-undang Informasi Elektronik dan Transaksi (ITE) dan kejahatan cyber.

Usia Haikal yang masih muda menjadi perhatian masyarakat, ditambah lagi ia hanya lulusan SMP. Salah satu fakta menariknya adalah Haikal menyatakan keahlian dirinya dalam dunia hacking dipelajarinya hanya dari internet. Penasaran fakta-fakta menarik lainnya tentang Hacker muda ini? Simak ulasannya!

1. Haikal Putus Sekolah Setelah SMP

Nggak seperti kebanyakan hacker, Haikal nggak pernah punya kesempatan untuk mempelajari ilmu coding disekolah dan mengenyam pendidikan tinggi. Dari pengakuan yang diberikan oleh kepolisian, Haikal mengatakan dia hanya belajar cara hack dari internet. Spesialisasinya adalah teknik defacement yang dapat mengubah tampilan homepage sebuah situs.

2. Haikal Berhasil Membobol Lebih dari 4.000 Situs Salah Satunya Situs Pemerintah

Menurut data kepolisian, Haikal beserta teman-temannya telah berhasil meng-hack 4.600 situs termasuk situs resmi milik Polri, pemerintah pusat dan beberapa pemerintah daerah. Dan salah satu dari situs yang menderita kerugian hingga milyaran adalah situs penjualan tiket online. Karena hobinya, dia juga tergabung anggota sebuah grup facebook bernama ‘Gantengers Kru’.

3. Aktivitas Hacking Haikal Menyebabkan Kerugian Milyaran Rupiah

Situs penjualan tiket online merupakan salah satu korban dari aktivitas hacking Haikal. Tercatat saat ini perusahaan tersebut menderita kerugian hingga 4 milyar. Sementara itu, salah satu perusahaan maskapai Indonesia mengalami kerugian Rp 1,9 miliar karena sejumlah calon penumpang yang membeli tiket lewat situs membatalkan tiket mereka dan meminta pengembalian uangnya.

Itulah tiga fakta menarik tentang hacker muda yang saat ini menjadi perbincangan masyarakat Indonesia. Kabar terbaru saat ini rencananya Haikal akan direkrut oleh tim Mabes Polri untuk dijadikan tenaga ahli dalam penanganan kejahatan siber. (non)

REAKSI KAMU

EPIC
2
PECAH
1
SO SWEET
3
NICE TRY
1
HIKS
0
`