FAMOUS.ID - Tren skip challenge yang ramai di internet sudah menjadi hal yang harus diperhatikan. Permainan skip challenge ini merupakan kegiatan yang sangat berbahaya untuk dilakukan. Pelaku permainan yang kebanyakan remaja tidak memperhitungkan bahaya dan dampak yang akan didapat dari melakukan hal ini, sehingga banyak kasus kematian yang muncul. Permainan ini sebenarnya tidak terjadi hanya di Indonesia, tetapi juga di berbagai negara lain. Berikut 5 fakta tentang permainan skip challenge.

1. Tren di Inggris sejak tahun 2005

Permainan skip challenge sebenarnya sudah populer terlebih dahulu di Inggris sejak tahun 2005. Sebelumnya permainan ini populer dengan nama 'choking challenge' dan 'pass out challenge'. Cara permainannya sejak awal sudah serupa, yaitu dengan sengaja membuat diri menjadi pingsan sekejap. Sejak viralnya permainan ini, telah terdapat lebih dari 900 kasus kematian yang disebabkan oleh permainan tersebut.

2. Merusak otak dan organ tubuh

Permainan ini memiliki tujuan untuk menghambat alur oksigen yang mengalir menuju otak. Tanpa disadari, hal ini ternyata memiliki bahaya yang cukup fatal. Seluruh bagian tubuh kita membutuhkan oksigen untuk bekerja. Dengan menghambat aliran oksigen pada otak, sel-sel dalam tubuh akan mengalami kerusakan dan dapat memberikan dampak fatal seperti kerusakan otak, jantung, lambung, hingga organ tubuh lainnya.

3. Tren akibat internet

Menyebarnya skip challenge sangat lekat dengan peran internet sebagai mediumnya. Para pelaku yang melakukan permainan ini mendokumentasikan kegiatannya dalam bentuk foto dan video yang kemudian diupload ke akun media sosialnya. Hal ini berdampak kepada viralnya tren skip challenge karena orang yang melihat permainan ini di internet merasa penasaran dan mencoba sendiri permainan tersebut.

4. Banyak dilakukan oleh remaja

Rentang usia remaja menjadi pelaku utama dari permainan skip challenge. Hal ini dianggap sebagai sebuah naluri remaja yang sedang berada dalam proses pencarian jati diri. Remaja tidak akan ragu untuk mencoba hal-hal aneh dan baru untuk menambah pengalaman hidup mereka. Hal ini sangat disayangkan karena para remaja kurang mencari tahu akan bahaya pada kegiatan yang mereka lakukan.

5. Dilakukan karena merasa tertantang

Permainan skip challenge merupakan sebuah dare game atau permainan tantangan yang banyak dilakukan oleh orang di seluruh dunia. Permainan ini dianggap sebagai sebuah pembuktian terhadap tantangan yang diberikan oleh teman-temannya. Orang yang melakukan permainan ini akan dianggap sebagai orang yang pemberani, keren, dan tidak takut terhadap apapun. Perilaku ini juga akan memunculkan rasa kompetitif yang membuat pemainnya tidak puas hanya melakukan satu kali, hingga kemudian melakukannya berkali-kali tanpa mempedulikan dampak buruknya.

Nah itu dia 5 fakta tentang tren skip challenge. Dari fakta-fakta ini sudah terbukti bahwa skip challenge ini merupakan permainan yang berbahaya. Oleh karena itu jangan coba permainan ini ya Famous People! (nfl)

REAKSI KAMU

EPIC
0
PECAH
1
SO SWEET
2
NICE TRY
1
HIKS
2