FAMOUS.ID - Kedatangan rombongan Raja Arab SaudiSalman bin Abdulaziz ke Indonesia sedang menjadi topik hangat yang ramai dibicarakan di berbagai media. Berbagai persiapan pun sudah dilakukan oleh pihak pemerintahan Indonesia, mulai dari keperluan logistik, jalur protokol, hingga pengamanan ketat dari pasukan kemananan Indonesia.

Berkat kemajuan teknologi dan sosial media saat ini, informasi tentang kunjungan ini sudah banyak tersebar dan sudah diketahui oleh masyarakat luas. Berikut ini beberapa fakta menarik dari kunjungan raja arab ke Indonesia!

1. Kunjungan pertama setelah 47 tahun

Kunjungan pemerintahan Arab Saudi ini menjadi hal yang sangat spesial bagi Indonesia. Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama setelah kunjungan pemerintahan Arab Saudi setelah 47 tahun. Pada saat itu, kunjungan dilakukan oleh Raja Faisal bin Abdulaziz di masa pemerintahan Presiden Soeharto.

2. Membawa rombongan 1500 orang

Dalam kunjungannya tahun ini, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz membawa rombongan 1500 orang termasuk dengan 10 menteri pemerintahan dan 25 pangeran Arab Saudi. Rombongan raja arab ini menggunakan total 29 penerbangan ke Indonesia.

3. Kunjungan kenegaraan

Kedatangan rombongan raja arab ke Indonesia merupakan salah satu bentuk kunjungan kenegaraan untuk meningkatkan hubungan diplomatik antar negara. Kedatangan Raja Salman pun disambut langsung oleh Presiden Jokowi di Bandara Halim Perdana Kusumah. Dalam kunjungan kenegaraan ini, terdapat topik yang akan menjadi bahan bahasan, diantaranya adalah topik investasi yang akan dilakukan Arab Saudi di Indonesia, penambahan kuota jemaah haji, peningkatan wisatawan timur tengah ke Indonesia, dan perlindungan WNI di Arab Saudi.

4. Membawa tangga eskalator khusus

Selain rombongan orang, pemerintah Arab juga membawa perlengkapan kargo yang berisi barang-barang khusus yang sudah dikirim terlebih dahulu sebelumnya. Salah satu perlengkapan yang dibawa adalah tangga eskavator khusus yang digunakan raja Salman untuk turun dari pesawat. Tangga khusus ini sudah dikirim terlebih dahulu langsung dari Arab Saudi dan akan digunakan juga pada kunjungan raja Salman ke Bali mendatang.

5. Berlibur ke Bali

Selain Jakarta, rombongan raja arab juga direncanakan akan mengunjungi Bali untuk berlibur. Dimulai dari tanggal 1 Maret 2017, rombongan akan melakukan kunjungan kenegaraan di Jakarta selama 3 hari. Setelah itu rombongan akan menghabiskan waktu selama 6 hari untuk menikmati keindahan Pulau Bali untuk melakukan liburan pribadi.

Itulah beberapa fakta menarik dari kunjungan raja arab ke Indonesia. Kalau kamu tahu fakta menarik lainnya? Tulis di kolom komentar ya! (nfl)

REAKSI KAMU

EPIC
3
PECAH
1
SO SWEET
9
NICE TRY
2
HIKS
4
`